Apa yang Bisa Dilakukan dengan Google Webmaster Tools ?

Google Webmaster Tools adalah sebuah layanan gratis dari Google yang membantu website/blog untuk dapat meningkatkan dan melacak visibilitas situs. Ini menunjukkan bahwa Google Webmaster Tools mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia website/blog.

Fitur Google Webmaster Tools !

1. Mengirim Peta Situs
Peta Situs atau Sitemap adalah daftar keseluruhan halaman situs. Dengan mengirimkan peta situs ke Google Webmaster Tools, ini akan memberikan akses kepada google untuk mengetahui seluruh halaman situs anda. Hal ini sangat dianjurkan agar google dapat sepenuhnya mencrawl isi halaman situs anda. Anda bisa membaca Panduan Lengkap Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi Pada Blog.
  • Mengakses Peta Situs : Dashboard » Pengoptimalan » Peta Situs » Tambahkan/Uji Peta Situs
2. Hapus URL
Pada saat halaman situs dihapus karena alasan tertentu, kadang mesin pencari seperti google akan terus membaca dan menampilkannya pada halaman hasil pencarian mereka, dan hal ini akan sangat berdampak buruk kepada situs anda. Ketika ini terjadi, anda bisa menghapusnya melalui Google Webmaster Tools.
  • Untuk menggunakan alat ini, anda bisa mengaksesnya melalui : Dashboard » Pengoptimalan » Hapus URL
3. Robots.txt File
Sebelum spiders search engine mengcrawl situs anda, terlebih dahulu mereka akan memeriksa Robots.txt. Pengaturan robots.txt yang dilakukan akan memberikan informasi kepada spider tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka rayapi. Jika pengaturan robots.txt default, otomatis spiders akan membaca semua halaman situs tanpa terkecuali. Nah hal inilah yang terkadang membuat situs mengalami Duplikasi Deskripsi Meta dan Tag Judul. Untuk pengaturan robots.txt, baca Setting Robot.txt dan Custom Robots Header Tags
  • Untuk menguji robots.txt, anda bisa membukanya melalui : Dashboard » Kesehatan » URL yang dicekal
4. Demosi Tautsitus
Tautsitus/Sitelinks adalah tautan yang secara otomatis akan diberikan oleh google untuk situs anda. Namun untuk mengganti sitelinks tertentu yang dianggap tidak relevan dan menggantinya dengan yang relevan, anda bisa menggunakan tools ini. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Google Webmaster Sitelinks
  • Untuk menentukan sitelinks, buka Dashboard » Konfigurasi » Tautsitus
Demosi Sitelinks
5. Status Indeks
Status indeks Google Webmaster Tools akan memberikan informasi yang akurat kepada anda tentang jumlah halaman yang diindeks oleh google. Pada bagian halaman lanjutan, semua informasi situs anda berupa Total terindeks, Pernah dirayapi, diindeks dan dicekal oleh robots.txt akan ditampilkan secara detail dan akurat.

Google Webmaster Status Indeks
  • Untuk melihat status indeks, silahkan buka : Dashboard » Kesehatan » Status Indeks
6. Kesalahan Perayapan
Kesalahan yang ditemukan oleh spiders crawler biasanya dalam bentuk halaman yang tidak ditemukan (error 404). Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya penghapusan halaman, penggantian URL dan sebagainya. Namun, Apabila anda mengalami hal demikian, pastikan anda menghapus semua halaman yang tidak ditemukan tersebut karena hal ini akan sangat berpengaruh kepada situs anda.
  • Untuk mengetahui adanya halaman tidak ditemukan, buka : Dashboard » Kesehatan » Kesalahan Perayapan
7. Penyempurnaan HTML
Penyempurnaan HTML adalah sebuah alat untuk membantu memperbaiki kinerja situs dengan cara memberikan informasi apabila terjadi duplikasi deskripsi meta dan tag judul halaman situs. Ketika situs anda mengalaminya, anda bisa mencegah dan memperbaikinya melalui alat ini. Pelajari Selengkapnya
  • Anda bisa mengaksesnya melalui : Dashboard » Pengoptimalan » Penyempurnaan HTML
Selain beberapa poin di atas, google webmaster tools masih mempunyai banyak fitur yang bisa dipergunakan.

Rahmat Ramli
Rahmat Ramli

1 comment:
Write comment