Mengatasi Masalah Komentar Google Plus (G+) yang Tidak Bisa Muncul di Blogger

Mengatasi Masalah Komentar Google Plus (G+) yang Tidak Bisa Muncul di Blogger - Baru-baru ini, google telah mengimplementasikan komentar google plus kedalam blog berplatform blogger. Fitur ini jauh lebih fleksibel, terorganisir dan memungkinkan anda untuk melacak percakapan dengan mudah. Namun terlepas dari itu semua, penambahan fitur komentar google plus ke blogger sekarang menjadi kontroversi akan efek yang diakibatkan. Ada yang menganggapnya akan memberikan dampak yang negatif dan adapula yang menanggapinya secara positif. Tetapi, saya sendiri beranggapan, bahwa google tidak akan menambahkan fitur ini jika akan memberikan dampak yang negatif dan perlu anda ingat, bahwa blogger.com dan google plus merupakan produk-produk google yang sampai kapanpun akan selalu memberikan dampak yang positif.

google plus
Nah, bagi mereka yang ingin menerapkan sistem komentar ini, tidak jarang mengalami masalah, seperti komentar google plus yang tidak bisa muncul/ditampilkan. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan template yang berbeda-beda. Mereka yang menggunakan template default (official blogger) pasti tidak akan sulit untuk menampilkan sistem komentar ini. Tetapi bagi mereka yang menggunakan template dari pihak ketiga (kostum template), jelas tidak akan bisa mengaktifkan sistem komentar google plus begitu saja, melainkan harus menginstall kode api terlebih dahulu kedalam template.

Untuk itu, apabila anda yang menggunakan kostum template dan ingin memunculkan fitur komentar google plus didalam blog anda, anda bisa memperhatikan tutorial singkat ini.
Rekomendasi Artikel !
Baca juga artikel tentang Cara Menampilkan Komentar Blogger dan Google Plus Secara Bersamaan (Toggle System) di Blog Blogger sebagai solusi lain agar komentar google plus bisa muncul di blogger

Kode Api dan Cara Menginstallnya kedalam Kostum Template

Untuk memulai, masuklah kedalam akun blogger anda. Pada dasboard, klik tab "Google+" dan beri centang pada "Gunakan Google+ Komentar di blog ini?". Lebih lengkapnya, anda bisa membacanya pada artikel Bagaimana Cara Mengaktifkan Komentar Google Plus di Blogger

Masih pada dasboard akun blogger anda, langkah selanjutnya klik tab Template dan Edit HTML. Cari dan temukan kode ini.
<div class='comments' id='comments'>
Apabila anda sudah menemukan kode tersebut, langkah berikutnya copy kode dibawah ini dan pastekan tepat di bawah dari baris kode diatas.
<div class='cmt_iframe_holder' expr:data-href='data:post.canonicalUrl' expr:data-viewtype=' data:post.viewType'/>
Selanjutnya, simpan template.

Berhati-hatilah pada saat anda mengedit kode template anda, karena kesalahan sekecil apapun akan mengakibatkan blog anda menjadi acak-acakan. Dan untuk itu, sebelum mengeditnya, terlebih dahulu backuplah template anda.

Setelah anda mengikuti tutorial diatas, namun komentar google plus anda masih belum bisa ditampilkan, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih !

Unknown
Unknown

3 comments:
Write comment
  1. AnonymousMay 18, 2013

    ane udah coba tapi tetep aja belum bisa.. gmna ya????
    ada saran???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gunakan cara ini

      http://www.lost-sector.net/2013/05/toggle-blogger-and-google-plus-comments.html

      Sapa tau berhasil !

      Delete
  2. Berhasil
    makasih juragan

    ReplyDelete