Tutorial Cara Install Windows 7 atau 8 Menggunakan Flashdisk

Cara Install Windows 7 atau 8 Menggunakan Flashdisk - Menginstall windows 7 atau 8 ke komputer sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan karena cara dan proses yang digunakan hampir sama ketika menginstallan aplikasi-aplikasi komputer lainnya dan tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Penginstallan ini terbagi kedalam 2 cara, yang pertama dengan menggunakan CD/DVD Rom (memerlukan kaset DVD) dan yang kedua dengan menggunakan flashdisk. Nah, untuk atikel kali ini, saya akan berbagai Tutorial Menginstall Windows 7 atau 8 cara kedua diatas, yaitu dengan menggunakan Flashdisk. Namun untuk menginstall windows dengan flashdisk, ada 2 langkah yang harus dilakukan, yaitu mengnyalin master windows terlebih dahulu kedalam flashdisk kemudian akan dilanjutkan ke tahap penginstallan.

Namun, sebelum melanjutkan ketutorialnya, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, salah satu diantaranya adalah aplikasi yang digunakan untuk menyalin master windows kedalam flashdisk. Diantaranya adalah sebagai berikut! 
  1. Aplikasi USB/DVD Tool,
  2. Windows dalam bentuk file image ISO
  3. USB Flashdisk Berkapasitas 4GB atau Lebih
  4. Komputer
Setalah semua peralatan yang diperlukan sudah siap, sekarang mari kita lanjutkan ke tutorialnya.

1. Menyalin Windows 7 atau 8 Kedalam Flashdisk

Untuk menyalin master windows kedalam flashdisk, caranya sangatlah mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Install aplikasi USB/DVD Tool yang sudah anda download tadi kedalam komputer anda. 
2. Jalankan aplikasi USB/DVD Tool. Klik "Browse" untuk mencari letak file windows  yang Anda punya kemudian klik tombol


3. Tekan tombol "USB Device"

select usb device

4. Pilih flashdisk yang akan jadi Bootable Windows. Klik "Begin copying"

start copying

5. Tunggu sampai proses penyalinan master windows kedalam flasdisk selesai.

salin master windows

2. Proses Install Windows Kedalam Komputer

Setelah Windows 7 atau 8 sudah ada di dalam flashdisk, selanjutnya lakukan proses penginstallan kedalam komputer. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pada saat komputer dalam keadaan off, masukkan USB Drive yang berisi master windows ke port usb yang tersedia.
  • Nyalakan komputer anda dan segera tekan F12 untuk mengatur Booting pada BIOS. Pilihlah USB Drive sebagai pilihan Boot pertama. 
  • Setelah proses booting selesai, akan muncul jendela panel penginstallan. Tekan tombol untuk melanjutkan.
  • Di jendela berikutnya, akan ada beberapa pilihan untuk penempatan Sistem Operasi Windows kedalam partisi mana yang diinginkan (biasanya di drive (C:)). Jika sudah selesai, klik tombol untuk melanjutkan.
  • Beri centang pada "License Agreement" agar tombol yang terdapat pada sudut bawah jendela aktif. Selanjutnya proses penyalinan master windows kedalam partisi hardisk komputer akan dilakukan. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan restart dengan sendirinya.
  • Ketika komputer kembali menyala, cabut USB Drive dari komputer agar komputer tidak melakukan bootable lagi dari USB Drive. Anda tidak perlu khawatir karena secara otomatis proses penginstalan akan terus dilanjutkan .
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan lakukan beberapa pengaturan hingga prosesnya benar-benar selesai dan sudah bisa digunakan.
      Demikianlah Cara Menginstall Windows 7 atau Windows 8 Menggunakan Flasdisk, apabila ada yang masih kurang jelas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih!

      Rahmat Ramli
      Rahmat Ramli