Tips Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Bagaimana Mempercepat Koneksi Internet | Sebenarnya kecepatan internet tidak sepenuhnya tergatung kepada jaringan yang ada, namun juga harus diimbangi dengan pengaturan-pengaturan pada sistem operasi (khususnya windows) komputer. Ketika pengaturan itu default, kemungkinan besar kecepatan koneksi yang dihasilkan akan berada pada posisi standard. Namun ketika anda melakukan pengaturan pada koneksi standard tersebut, anda bisa bayangkan kecepatannya akan menjadi seperti apa. Ketika kecepatan koneksi internet berada pada tingkat yang maksimal, bukan hanya browsing, kecepatan downloadpun juga akan terasa sangat cepat. Pelajari Bagaimana Cara Mempercepat Download Disini

Untuk itu agar kecepatan koneksi internet bisa dimaksimalkan, anda perlu melakukan beberapa pengaturan, baik itu yang paling dasar sampai pada tingkat advanced. Jadi, apabila anda ingin memaksimalkan kecepatan koneksi internet anda, berikut 3 cara yang bisa dilakukan.

1. Pengaturan Bandwidth

Tujuan utama mengapa harus melakukan pengaturan pada sistem operasi windows yakni adalah untuk mengatur bandwidth menjadi unlimited. Artinya ketika komputer terhubung ke internet maka data-data yang terdownload kedalam browser menjadi tidak dibatasi dan untuk mengatur bandwidth ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pada keyboard komputer, tekan Windows + R atau klik start menu dan pilih run.
  2. Ketik "gpedit.msc". Enter
  3. Klik "Computer Configuration" » "Administrative Template"
  4. "Network"
  5. "QoS Packet Scheduler"
  6. Pada bagian kanan, Klik dua kali pada "Limit reserveable bandwidth"
  7. Pilih "Enable"
  8. Pada bagian "Options", ubah "Bandwidth limit %" menjadi 0
  9. Klik Ok dan restart komputer anda
Bandwidth limit

2. Pengaturan DNS

Apa gunanya mengatur atau menambahkan DNS pada windows? Tujuannya adalah agar DNS yang digunakan tidak melakukan pergantian secara otomatis ke DNS luar yang cenderung memiliki kecepatan yang lambat. Ketika DNS ini diatur atau ditambahkan secara manual kedalam windows yang dalam hal ini Internet Protocol, maka kestabilan koneksi akan tetap terjaga.
  1. Buka menu start
  2. Pilih "Control Panel"
  3. Klik "Network and Internet" dan "Network and Sharing Center"
  4. Pilih "Local Area Network" » Properties
  5. Pada tab "Network", double click "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)"
  6. Centang pada "Use the following DNS server addresses:"
  7. Isi "Preferred DNS server" dengan 8.8.8.8 atau 208.67.222.222
  8. Isi "Alternate DNS server" dengan 8.8.4.4 atau 208.67.222.222
Setting DNS

3. Mengatur Buffer Windows

Pernah dengar Buffer? Apa itu Buffer? Buffer adalah interval waktu dan kecepatan dalam pengambilan data-data internet kemudian ditampilkan kedalam browser yang digunakan. Ketika waktu dan kecepatan dalam mengambil data tersebut mempunyai jarak yang jauh, maka kita akan merasa bahwa koneksi tersebut lambat dan lama. Hal seperti ini sering kita dapati saat menonton video streaming online seperti pada situs terkenal youtube. Untuk mengatur buffer pada windows agar kecepatan pengambilan data tetap stabil, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka menu Run atau tekan Windows + R pada keyboard
  2. Ketikkan "system.ini". Enter
  3. Masukkan kode dibawah ini tepat di bawah kode CGA40WOA.FON=CGA40WOA.FON.
page buffer=100000kbps load=100000kbps download=100000kbps save=100000kbps back=100000kbps
  • Simpan (tekan Ctrl + S), tutup dan restart komputer.
Demikian 3 Cara Bagaimana Mempercepat Koneksi Interntet (khusus windows) tersebut di atas. Semoga bisa membantu untuk memecahkan masalah pada koneksi internet anda. Terima kasih!

Unknown
Unknown

1 comment:
Write comment
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete