Bagaimana Cara Memunculkan File Tersembunyi di Windows 7

Pada sistem operasi khususnya windows 7, secara default tidak menampilkan beberapa jenis file dan folder. Jenis file dan folder semacam ini adalah bagian yang berhubungan langsung dengan sistem operasi atau yang paling sering dikenal dengan nama "Protected operating system files" atau biasa juga disebut dengan istilah "Super hidden files". Tujuan mengapa file tersebut disembunyikan, agar mencegah terjadinya kerusakan pada sistem operasi, seperti tanpa sengaja file tersebut diganti, dipindahkan atau bahkan dihapus.

Untuk beberapa kasus, selain file yang secara default disembunyikan oleh windows, super hidden file juga sering terjadi dikarenakan oleh adanya virus shortcut di dalam komputer. Virus shortcut ini sendiri mempunyai kemampuan untuk menyembunyikan dan menggandakan file atau folder dengan cepat. Ciri-ciri ketika windows yang terjangkit virus semacam ini adalah setiap kali anda memasukkan USB device kedalam komputer, maka data-data yang ada didalamnya akan dibuat dalam bentuk shortcut kemudian file aslinya akan disembunyikan. Kasus seperti ini sering sekali terjadi pada USB Device seperti flashdisk, hardisk eksternal dan memory card (MMC). Pelajari Cara Mengembalikan File atau Folder Yang Disembunyikan oleh Virus.

Jadi apabila anda ingin memunculkan file yang tersembunyi demi keperluan perawatan & perbaikan windows komputer anda, berikut caranya.

Langkah-langkah memunculkan file di windows

  • Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membuka windows explorer dengan cara menekan tombol "Windows + E" (tanpa tanda kutip) pada keyboard komputer atau laptop anda.
  • Di sudut kiri paling atas, klik tombol "Organize"
  • Pilih "Folder and search option"
setting
  • Akan terbuka sebuah jendela baru (Folder Option). Klik tab "View"
  • Selanjutnya, beri centang pada "Show hidden files, folders, and drivers"
  • Berikutnya, hilangkan centang pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Apabila muncul sebuah kotak peringatan ketika anda menghilangkan centang pada bagian ini, pilih "Yes"
files options
  • Jika sudah selesai, klik "OK" dan refresh windows explorer anda. Semua file dan folder akan muncul dan biasanya warna dari file/folder yang dimunculkan akan terlihat redup atau buram.
Untuk menghindari adanya kerusakan pada sistem operasi windows anda, saya sarankan agar pengaturan-pengaturan pada folder options yang anda lakukan dikembalikan ke keadaan semula. Hal ini untuk menghindari adanya ketidaksengajaan penghapusan, pemindahan atau penggantian beberapa file dan folder penting yang mungkin anda lakukan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Bagaimana Cara Memunculkan File Tersembunyi di Windows 7, semoga ini bisa menjadi referensi bagi anda dan apabila anda ingin mengajukan pertanyaan seputar penjelasan diatas, silahkan meninggalkan komentar.

Rahmat Ramli
Rahmat Ramli

1 comment:
Write comment
  1. baru Tau nih....trima kasih sudah di share..
    di tunggu kunjungan baliknya http://aldhinya.blogspot.com/.
    jangan lupa komentar..

    ReplyDelete