Optimasi SEO Blog Menggunakan jQuery

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam hal Optimasi SEO Blogger, mulai dari hal-hal terkecil sampai yang terpopuler seperti memanfaatkan Deskripsi Penelusuran dan Permalink Posting Blog, Memperbaiki Struktur Tag Heading, Mengoptimalkan Judul Posting Blog, Menambahkan Attribut rel="nofollow" pada Link Eksternal serta masih banyak lagi.

Selain cara di atas, masih ada lagi cara yang mungkin terbilang baru di kalangan blogger, yakni Optimasi SEO Blog Menggunakan jQuery. Cara ini sebenarnya sudah lama ada, namun kebanyakan blogger masih belum tahu akan hal ini. Singkatnya, di dalam jQuery ini mempunyai fungsi untuk menambahkan attribut rel='nofollow' secara otomatis, membuka link eksternal pada tab baru browser dan yang lebih bagusnya lagi adalah menambahkan attribut alt='...' pada setiap gambar yang ada di blog. Ketiga fungsi tersebut digabung menjadi satu sehingga penerapannya kedalam blogger sangatlah mudah.

Optimasi SEO Blog dengan jQuery

Jadi, bagi anda yang ingin melakukan Optimasi SEO Blog dengan menggunakan jQuery ini, anda bisa menggunakan kodenya dibawah serta bagaimana cara menempatkannya kedalam template. Berikut kode dan cara penempatannya !

Pertama, silahkan login dan akses akun blogger anda. Lanjutkan dengan melakukan pengeditan HTML. Setelah itu, cari tag </head> dan tempatkan kode dibawah tepat di atasnya.
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){// Let's make external links open in a new tab. var href=jQuery(this).attr('href');if (typeof href !='undefined' && href !="" && (href.indexOf('http://') !=-1 || href.indexOf('https://') !=-1) && href.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("target", "_blank");}});//]]></script>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){// Let's make external links nofollow. var href=jQuery(this).attr('href');if (typeof href !='undefined' && href !="" && (href.indexOf('http://') !=-1 || href.indexOf('https://') !=-1) && href.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel", "nofollow");}});//]]></script>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
$(document).ready(function(){$('img').each(function(){var $img=$(this);var filename=$img.attr('src') $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));});});//]]></script>
Note !
Apabila di dalam template anda sudah terdapat jQuery dengan versi lebih baru dari kode jQuery yang berwarna merah pada kode di atas, maka anda tidak perlu memasukkannya. Cukup yang berwarna hitam saja.
Setelah anda selesai menempatkan kode tersebut kedalam template anda, selanjutnya silahkan simpan template.

Sampai disini dulu tutorial kali ini, jika anda punya pertanyaan yang ingin anda tanyakan seputar artikel di atas, silahkan meninggalkan pesan pada kolom komentar yang telah saya sediakan. Terima kasih !

Unknown
Unknown

10 comments:
Write comment
  1. wah keren nih gan ane bru tau optimisasi seo dgn cra ini. thanks gan infonya tar mau nyobain. hehee :D

    minta knjungannya gan:
    http://arie-apthanta.blogspot.com/2013/05/hasil-pertandingan-borussia-dortmund-vs.html

    ReplyDelete
  2. nanya gan, kira-kira manfaatnya apa ya?

    ReplyDelete
  3. ane kurang begitu paham gan.
    kira-kira fungsinya apa gan?
    thx..

    ReplyDelete
  4. mantap gan..sipp

    klik
    http://jasapijatpanggilansurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. makasih ilmunya gan moga manfaat

    ReplyDelete