Penyebab Penurunan Peringkat Blog di Mesin Pencari

Posisi blog pada halaman mesin pencari akan sangat berpengaruh terhadap lalu lintas pengunjung ke blog. Blog yang mempunyai peringkat yang bagus di mesin pencari sudah pasti berpotensi mendapatkan pengunjung yang berlimpah secara organik. Salah satu faktor yang dapat memperbaiki peringkat blog adalah Optimasi SEO, niche blog dan hal-hal lain. Namun bagi blogger pemula yang masih kurang pengetahuan, terkadang salah dalam mengambil langkah dan hal ini akan mengakibatkan blog mendapatkan peringkat yang kurang baik dimata mesin pencari. Nah, agar tidak salah dalam mengambil langkah, postingan ini akan membahas beberapa penyebab yang harus dihindari sehingga blog bisa mendapatkan peringkat yang bagus dimata mesin pencari.

Blogger Mistakes

Konten Blog yang Tidak Relevan

Konten yang tidak relevan yang anda sajikan kepada pembaca akan menghancurkan peringkat blog. Misalnya, sebuah blog yang semula membahas topik tentang dunia otomotif, tiba-tiba ia menambahkan artikel tentang olahraga. Konten seperti ini sangatlah tidak relevan bagi pembaca. Beda halnya dengan blog yang memberikan aneka informasi. Blog jenis ini akan mendapatkan nilai lebih karena lebih memperkaya kata kunci (keyword) terhadap konten yang ia sajikan.

Menyalin Artikel (Copy Paste)

Kesalahan yang paling fatal yang sering dilakuakan oleh pemula blog adalah dengan menyalin artikel orang lain. Hal ini akan sangat berbahaya karena selain blog akan menempati posisi paling dasar juga akan berdampak pada penghapusan artikel pada data base mesin pencari. Untuk itu cobalah untuk membuat artikel yang original hasil dari ide dan pemikiran anda sendiri.

Penggunaan Judul Tidak Berkaitan dengan Isi Artikel

Spider mesin pencari mencari judul yang tepat sesuai dengan kata kunci. Apabila spider menemukan sebuah artikel yang tidak sesuai dengan judulnya, maka ini akan mengakibatkan penurunan peringkat blog di mesin pencari. Nah, sebelum anda membuat artikel baru, terlebih dahulu pikirkanlah judul yang tepat dan sesuai dengan isinya.

Optimasi Backlinks Secara Berlebihan

Kurangnya pengetahuan dan kesalahan dalam optimasi backlink akan sangat berpengaruh terhadap peringkat situs. Blogger pemula terkadang tidak memperhatikan hal-hal semacam ini. Bayangkan saja, jika blog yang berumur baru satu bulan, tiba-tiba sudah memilik backlinks mencapai ribuan, apa ini masuk akal? Hal seperti ini akan membuat mesin pencari curiga dan menganggapnya sebagai spam. Tentu anda sudah tahu bahwa spamming sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Jadi hindari optimasi backlinks secara berlebihan.

Tidak Pernah Memperbarui Isi Blog

Alasan lain mengapa blog tidak pernah mendapatkan peringkat yang bagus adalah karena blog tidak pernah diperbarui. Dalam hal ini, bukan berarti anda dituntut untuk selalu membuat postingan baru secara terus menerus, namun anda hanya perlu untuk memperbarui atau menyegarkan artikel-artikel yang sudah ada, seperti menambahkan beberapa kata kedalamnya, memperbarui tanggal dan sebagainya karena artikel yang segar sangat disukai oleh mesin-mesin pencari terutama google.com.

Unknown
Unknown

9 comments:
Write comment
  1. kalau punya saya kira2 melanggar point yg pertama gk sob yg ''Konten Blog yang Tidak Relevan'' malum masih belajar,,
    thanks tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya tidak tahu mas karena saya tidak tahu apa topik pokok dari blog/web yang mas kelola.

      Delete
  2. Yapss...benar yang sobat bilang.
    Tapi ngomong2 template baru ya....makin keren kelihatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas. Hasil edit doang dan saya tidak pernah mengganti template. Saya tidak mau mengambil resiko. Hehehe

      Delete
  3. Wah setuju banget sama point 4 dan 5! :)

    ReplyDelete
  4. mau tanya, apakah terlalu sering ping blog bisa menyebabkan posisi blog kita turun drastis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi mas, karena Search Engine akan menganggap hal tersebut adalah Spam.

      Delete
  5. AnonymousJuly 09, 2013

    Mau tanya nih. Kira-kira apa penyebabnya yah. kalau posisi artikel saya biasanya menduduki peringkat #1 di mesin pencarian google. Tiba-tiba turun sangat drastis menjadi posisi kurang lebih 200, Untuk Mr.Rahmat mohon bantuannya dan cara mengatasinya bagaimana? mohon pencerahannya.

    Thank Before!

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete