Tips Bagaimana Cara Menghemat Bandwidth Internet

Sekarang ini kebutuhan akan internet telah menjadi kebutuhan pokok hampir di semua kalangan masyarakat. Situasi seperti ini jelas membutuhkan banyak biaya saat anda ingin terhubung ke internet. Untuk mengurangi biaya tersebut, ada kalanya kita dihadapkan penghematan bandwidth. Misalnya, ketika anda menggunakan layanan internet dengan menggunakan biaya yang dihitung berdasarkan quota bandwith. Pada saat quota ini habis, maka anda tidak akan bisa terhubung lagi ke internet atau anda harus membayar biaya tambahan agar bisa terhubung kembali. Hal ini tentu saja akan mendorong kita untuk menghemat penggunaan quota bandwith. 

Jadi, apabila anda ingin melakukan penghematan terhadap penggunaan bandwidth secara efektif dan efisien, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan.

1. Gunakan Proxy Cache

Sebuah proxy cache dapat membantu anda membatasi jumlah lalu lintas yang dibuat oleh Web browser. Ide dasarnya adalah bahwa ketika anda sebagai pengguna internet  mengunjungi sebuah situs web, server proxy akan menyimpan data-data internet dalam bentuk cache. Sehingga ketika anda mengunjungi halaman web yang sama untuk kedua kalinya, semua konten yang termuat dalam web tersebut tidak harus download semuanya melainkan hanya beberapa konten saja, karena yang lainnya sudah ada di dalam cache. Menggunakan proxy cache tidak hanya menghemat bandwidth, tetapi dapat memberikan kelebihan untuk Mempercepat Koneksi Internet dari sebelumnya. Pelajari selengkapnya...!

2. Menggunakan User Agent

Sebagian besar web akan memeriksa jenis sambungan ketika anda mengakses internet. Pengecekan biasanya dilakukan oleh web melalui jenis browser dan jenis perangkat yang digunakan. Fungsi dari user agen ini akan memberikan informasi kepada web mengenai jenis browser dan perangkat yang digunakan. Misalnya, ketika anda menggunakan perangkat desktop (komputer) dengan browser Google Chrome kemudian anda mengatur user agent ke perangkat iPhone, maka web akan mengarahkannya secara otomatis ke jenis perangkat tersebut. Hal ini tentu saja akan menampilkan web dengan tampilan minimalis (sesuai dengan perangkat iPhone) dengan mengurangi beberapa data dan hanya akan berfokus kepada konten inti saja.

Dengan menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, kita bisa mengubah jenis perangkat untuk menampilkan web dengan melakukan penginstallan add on seperti Ultimate User-Agent Switcher untuk Google Chrome dan User Agent Switcher untuk browser Mozilla Firefox.

User-agent

3. Menonaktifkan Fitur Browser Yang Kurang Penting

Menonaktifkan fitur untuk beberapa jenis browser tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada web agar tidak menampilkan beberapa data yang tidak terlalu penting kedalam browser. Misalnya anda bisa menonaktifkan beberapa atau semua jenis plugin untuk memblokir isi plugin dari web yang dimuat tersebut seperti web yang menggunakan konten dengan animasi flash.

Pilihan lain bukan hanya itu saja, untuk sebagian besar browser memungkinkan anda menonaktifkan gambar atau JavaScript agar mengurangi jumlah data yang ditransfer kedalam browser. Untuk Pengguna Google Chrome, anda bisa melakukan pengaturan untuk memblok gambar, JavaScript dan plugin lainnya seperti pada gambar di bawah ini.

content setting

4. Gunakan 1 (Satu) Jenis Browser

Usahakan jangan menggunakan banyak atau gonta ganti jenis browser untuk anda gunakan berselancar di internet. Jika anda menggunakan browser Mozilla Firefox, maka gunakan Mozilla Firefox saja, begitu pula dengan Google Chrome, Internet Explorer dan beberapa jenis browser lainna. Alasan mengapa harus menggunakan satu jenis browser, karena tiap-tiap browser masing-masing memiliki alat penyimpanan cache data internet.

5. Matikan Semua Pengaturan Update Otomatis

Untuk beberapa jenis program seperti Windows, Antivirus dan beberapa program komputer lainnya biasanya akan melakukan update secara otomatis.

Itulah beberapa Tips Untuk Menghemat Bandwidth Internet. Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada anda. 

Unknown
Unknown

1 comment:
Write comment
  1. Essay writing is hard process for any writer. This is very high-quality information and tips about cheap essay writing service. These tips on how to mark an essay can guide you from side to side the process so you can write a masterpiece. Some tricks are totally new for me however it is very nice to go through your article, keep distribution more stuff like this, do you know that we provide armed forces through essay .because it is the merely place for you to create your content more powerful, do you know that satisfied writing is the biggest art to capture more and more traffic. Thanks for sharing helpful article for writers. Also check our begin again editing services here writing service

    ReplyDelete