Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh - Pada umumnya jeruk nipis dikenal luas di kalangan masyarakat sebagai bahan pelengkap bumbu dapar, dijadikan minuman penyegar, pembersih dan bahan pencampur makanan lainnya. Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini bentuknya bundar, berwarna hijau tua dan mempunyai rasa yang cukup asam.

Selain sebagai bahan pelengkap bumbu dapur, jeruk nipis ternyata mempunyai manfaat lain yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan Kandungan yang terdapat pada buah ini diantaranya Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Vitamin A, B1, dan C, Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin, Kalsium, Fosfor serta zat Besi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

khasiat jeruk nipis

Berikut beberapa manfaat dan khasiat Jeruk Nipis bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Memperbaiki dan Memperlancar Sistem Pencernaan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis akan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh dan membersihkan usus sehingga anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit terutama dalam hal pencernaan (perut). Konsumsi secara rutin air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat sangatlah dianjurkan agar sistem pencernaan dalam tubuh tetap lancar dan terjaga.

2. Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis akan membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit, serta membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga.

3. Menyembuhkan Batuk dan Radang Tenggorokan
Vitamin, Asam sitrat dan kandungan lain yang terdapat di jeruk nipis membantu untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan membersihkan tenggorokan dari lendir yang menyebabkan batuk. Konsumsi 2 sampai 3 kali sehari dengan cara peras jeruk nipis kemudian campurkan dengan air dan kecap manis atau garam, aduk hingga merata. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga batuk anda benar-benar sembuh total.

4. Mengobati Batu Ginjal
Campurkan 1 (satu) buah jeruk nipis dengan segelas air hangat dan minum setelah anda selesai makan. Lakukan secara rutin selama 10 (sepuluh) hari berturut-turut.

5. Menghilangkan Jerawat
Jeruk nipis yang dioleskan ke kulit wajah sekitar 10-15 menit yang dicampur dengan air hangat akan membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga untuk melakukan regenerasi sel kulit baru.

6. Menghilangkan Ketombe dan Mencegah Rambut Rontok
Mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala bisa anda lakukan dengan mengoleskan cairan jeruk nipis ke kulit kepala, tunggu dan diamkan beberapa menit kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan hal ini 3 kali dalam seminggu. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan ketika melakukan hal ini yaitu bisa melancarkan, melebatkan serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

7. Menghilangkan Bau Badan
Mengoleskan pada ketiak perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan daun sirih dan kapur akan mampu mencegah bahkan menghilangkan bau tak sedap yang dikeluarkan oleh ketiak. Lakukakan hal tersebut setiap selesai mandi dan lakukan secara rutin.

Selain 7 (Tujuh) manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan. Jadi jangan ragu untuk mencobanya karena kesehatan tidak selamanya harus mahal, toh kita juga bisa memanfaatkan obat-obatan tradisional seperti jeruk dan buah-buah lainnya. Selamat mencoba !

Unknown
Unknown

1 comment:
Write comment