Sebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Drive Rusak (Bad Sector)

Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Drive Rusak (Bad Sector) - Hardisk drive merupakan salah satu komponen (hardware) komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data-data dalam jumlah yang besar dan juga berfungsi untuk mengolah data-data yang ada dikomputer. Hardisk Drive (HDD) ini terbuat dan terdiri dari beberapa cakram keras dimana pada setiap bagian (sector) mampu menyimpan data-data komputer dengan jumlah tertentu. Namun, ketika bagian tersebut gagal dalam melakukan fungsinya, maka sistem operasi komputer akan gagal dalam beroperasi, begitu pula data-data yang terdapat di dalamnya juga akan ikut terhapus. Hal seperti ini biasa juga disebut sebagai BadSector Hardisk Drive.

Ciri-ciri yang paling umum ketika hardisk drive mengalami badsector adalah komputer akan mengalami hang atau not responding, lambat dalam mengolah dan memproses data, komputer tidak bisa menyala, blue screen, hardisk tidak terdeteksi dan lain-lain. Lalu apa penyebab terjadinya badsector pada hardisk drive ? Berikut penyebabnya.


1. Mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur.
Komputer yang dimatikan tidak sesuai dengan prosedur adalah hal yang paling sering menyebabkan Hardisk mengalami kerusakan. Alasannya, karena pada saat komputer masih memproses data di hardisk dalam jumlah yang banyak, tiba-tiba komputer dimatikan akan mengalami kerusakan pada piringan hardisk. Untuk Mematikan komputer dengan baik, anda cukup mengklik tombol start dan menekan tombol shutdown di panel sebelah kanan start menu.

2. Aliran listrik yang mengalir ke komputer tidak stabil
Ketidakstabilan aliran listrik yang mengalir ke komputer akan menyebabkan gangguan pada hardisk pada saat melakukan pengolah data-data komputer. Ini tentu saja akan mempengaruhi kinerjanya dan akan menyebabkan terjadinya badsector.

3. Umur Hardisk yang sudah tua
Ini sudah jelas merupakan salah satu faktor lain yang menyebabkan kerusakan (badsector). Umur yang tua sangat rentan mengalami hal tersebut.

4. Tidak pernah melakukan Defrag Hardisk
Tujuan dilakukannya defrag hardisk adalah untuk menyatukan file-file yang sejenis kedalam satu bagian. Ketika Hardisk tidak pernah didefrag, maka pengambilan data yang diproses akan dilakukan secara acak. Pengacakan inilah yang membuat beban hardisk meningkat dan berpotensi mengalami kerusakan.

5. Beban hardisk yang sangat berat, Aktivitas Komputer tanpa henti dan Kepanasan
Biasanya jika hardisk dalam keadaan penuh maka bebannya juga akan meningkat serta diikuti oleh panas yang berlebihan, apalagi jika komputer tersebut digunakan tanpa henti oleh penggunanya, ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal. Untuk itu sisakan sedikit ruang kosong pada hardisk anda serta sesekali istirahatkan komputer anda.

6. Terjatuh, Terbentur dan Terkena air
Saya kira hal ini tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah jelas ini akan membuat kerusakan pada hardisk.
    Nah, ketika hardisk drive anda mengalami badsector dan anda ingin memperbaikinya, berikut tips yang mungkin bermanfaat bagi anda.

    1. Memperbaiki BadSector HDD dengan Command Prompt

    1. Buka menu "Run" dengan cara menekan tombol Windows+R secara bersaan di keyboard anda. Masukkan atau ketikkan perintah cmd kemudian tekan enter
    2. Saat jendela Command Prompt terbuka, ketikkan CHKDSK diikuti dengan Drive Partisi hardisk. Misalnya drive C:, maka anda harus mengetikkan CHKDSK C: lalu tekan enter. Begitu pula dengan partisi lainya seperti D:, E:, dst. Hal ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan pada hardisk bagian mana yang mengalami bad ector.
    3. Selanjutnya, untuk melakukan perbaikan BadSector HDD, ketikkan perintah seperti pada langkah nomor 2, namun ditambah dengan perintah /R (slash R) dibelakangnya. Contohnya seperti ini CHKDSK C:/R (untuk repair drive C:)
    4. Setelah anda memasukkan perintah tersebut, tunggu beberapa saat hingga proses perbaikannya selesai dilakukan.

    2. Memperbaiki BadSector HDD dengan Tools CHKDSK Windows

    • Buka Windows Explorer
    • Klik kanan pada salah satu drive yang akan direpair atau diperbaiki kemudian pilih "Properties"
    • Klik tab "Tools" dan klik tombol "Check Now" pada bagian "Eror-checking"
    • Selanjutnya, centang dua pilihan yang terdapat di dalamnya dan lanjutkan mengklik tombol "Start"
    Memperbaiki BadSector HDD dengan Tools CHKDSK Windows
      • Tunggu beberapa saat sampai proses perbaikan hardisk drive selesai dilakukan.
      Agar Hardisk Drive anda Terhindar dari BadSector atau Kerusakan, ada baiknya jika anda Merawat dan Memperhatikan Kondisi Kesehatan Hardisk secara rutin agar pemakaiannya bisa awet dan tahan lama.

      Unknown
      Unknown

      1 comment:
      Write comment
      1. This comment has been removed by a blog administrator.

        ReplyDelete